Friday, November 14, 2014

Konsumen Tidak Butuh Produk Anda

Seberapapun bagus dan canggihnya sebuah produk, bisa saja produk tersebut tidak akan laku dijual.
Mengapa?
Karena pada dasarnya pembeli tidak butuh "produk". Mereka butuh "kenyamanan".

Salah satu contohnya adalah sekotak tissue.
Di tas ,di mobil, di rumah bahkan hingga ke kamar mandi kita selalu menyediakan tissue. Padahal dulu kita ngga merasa butuh,tuh.
Saat kita merasa perlu melap atau menghapus sesuatu. Ingus, keringat, tetesan air di meja kita biasanya melap dengan kain. (ingat, saat kecil kita melap ingus dengan lengan baju? hiiii)

Lalu kapan mulai merasa butuh tissue?
Kita mulai merasa butuh tissue ketika para Pembuat Strategi Marketing pabrik tissue berhasil meyakinkan dan merasuk ke pikiran kita bahwa melap dengan kertas tissue itu lebih bersih dan lebih higienis.

Ok. Kita melap segala kotoran dengan kertas tissue.

Namun, ternyata pabrik kertas tissue menerima berbagai macam pulp (bubur kertas) dengan berbagai macam 'grade' sesuai jenis kayu yang tersedia pada musim tersebut. Sehingga kertas tissue yang dihasilkan berbeda 'grade'nya. Maka para Ahli Marketing mereka berpikir keras lagi untuk menjual produk tersebut.

Akhirnya, sekarang kita dengan suka rela menerima kenyataan bahwa kertas tissue untuk wajah berbeda dengan tissue untuk toilet, berbeda juga untuk tissue dapur, dan berbeda dengan tissue untuk melap piring . Dan seterusnya.

Kembali lagi, jika sejak awal para Tenaga Penjual hanya menawarkan kertas tissue, tanpa upaya menanamkan bahwa "kita butuh tissue agar bersih (berarti merasa nyaman) apakah kita bersedia mengeluarkan uang hanya untuk membeli lembaran kertas tipis tersebut?

Jadi, apakah konsumen anda merasa nyaman menggunakan produk anda, sehingga mereka butuh untuk membeli lagi dan lagi?

0 comments:

Post a Comment

 
;